Kamis, 11 November 2010

Memperdebatkan Keberadaan Monster Laut



Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata "monster"? Makhluk mengerikan pemakan manusiakah? Atau, makhluk luar biasa dengan ukuran dan bentuk fisik yang tak biasa?
Menurut Wikipedia, monster adalah makhluk yang bentuk atau rupanya sangat menyimpang dari yang biasa. Atau, bisa juga makhluk berukuran luar biasa (sangat besar).
Lalu, benarkah ada makhluk-makhluk luar biasa yang dapat dikategorikan sebagai monster di era milenium ketiga ini, terutama yang memiliki tempat hidup di dalam laut? Mari kita simak bersama analisis mengenai monster laut tersebut.
Penampakan dan Legenda
Dalam sejarahnya, monster-monster laut sering digambarkan sebagai ilustrasi untuk peta, seperti Karta Marina. Seiring dengan perkembangan zaman, model ilustrasi peta seperti ini mulai berganti dengan adanya ilmu kartografi, yaitu ilmu yang menjadi bagian dari Geografi yang berhubungan dengan pemetaan.
Bagaimanapun, ternyata penampakan monster laut memiliki cerita sendiri. Banyak saksi mata dari zaman dulu sampai sekarang telah melaporkan penampakan makhluk-makhluk laut yang aneh. Laporan penampakan ini kemudian dikumpulkan dan dipelajari oleh para ilmuwan di bidang ini yang dinamai Kriptolog, ilmunya sendiri bernama Kriptozologi, yaitu ilmu yang mempelajari makhluk-makhluk langka dan aneh yang biasanya didasarkan oleh laporan-laporan penampakan dan kejadian-kejadian aneh.
Beberapa Pengakuan
Ribuan saksi mata melaporkan berbagai penampakan monster laut dalam perjalanan mereka.
Seperti yang ditulis oleh awak pelayaran Himilco pada Penjelajahan Kartago, “...dari kedalaman laut muncul seekor makhluk besar yang berenang perlahan namun pasti dari bawah kapal kami...”
Sir Humprey Gilbert juga melaporkan penampakan monster berbentuk seperti singa dengan mata yang menyala-nyala pada perjalanan kembali dari pelayarannya di Newfoundland pada 1583.
Hans Edge, seorang missionaris berkebangsaan Norwegia melaporkan sebuah penampakan pada pelayarannya ke Gothaab/Nuuk di pantai barat Greenland. “...muncul di hadapanku makhluk laut yang mengerikan, yang muncul ke permukaan air dan melompat tinggi sampai kepalanya mencapai tiang utama kapal kami. Makhluk ini memiliki moncong panjang yang tajam dan bersiul seperti paus, siripnya lebar dan badannya seperti ditutupi kulit yang sangat keras dan berkerut kerut. Kemudian, di bagian bawah perutnya berbentuk seperti ular, dan ketika masuk ke dalam air kembali, ia berenang mundur, ekornya menghadap ke atas sampai keluar dari permukaan air. Panjang tubuhnya mencapai panjang keseluruhan kapal. Malam itu cuaca juga cukup buruk."
Perdebatan
Fenomena monter laut terus menerus menjadi bahasan yang menarik di antara pelaut dan ilmuwan. Bahkan, berkembang menjadi perdebatan yang tiada habisnya. Pertanyaan yang mengemuka pun selalu sama, adakah monster laut itu?
Sekarang, mari kita membahas apa yang dimaksud dengan monster dalam pengertian ilmuwan.
Laut dan samudra merupakan habitat makhluk air yang misterius. Mengapa dikatakan misterius? Karena, dunia bawah air belum seluruhnya dapat dijelajahi oleh manusia. Masih banyak bagian terdalam laut dan samudra yang belum dieksplorasi, apalagi dasarnya.
Sebagai contoh Samudera Atlantik, dalamnya yang mencapai ribuan meter tentunya masih belum dapat dijelajahi oleh kecanggihan teknologi manusia, dan siapa yang tahu makhluk apa yang mungkin hidup di kedalaman dan kegelapan laut sedemikian rupa?
Beberapa ekspedisi yang dilakukan di perairan berselimut es, Antartika, baru-baru ini telah sukses merekam dan menangkap makhluk-makhluk laut luar biasa dengan ukuran sangat besar. Mereka berhasil menangkap semacam laba-laba laut sebesar piring makan. Untuk ukuran makhluk sejenisnya, ukuran ini termasuk luar biasa. Lalu, ada pula seekor ubur-ubur yang memiliki tentakel sampai enam meter!
Menurut ilmuwan-ilmuwan tersebut, ukuran-ukuran luar biasa merupakan hal yang biasa di perairan Antartika. Mereka berhasil menemukan cacing raksasa, udang raksasa, cumi-cumi raksasa, sampai ikan raksasa. Makhluk-makhluk yang hidup di dalam laut yang gelap dan dalam biasanya mengeluarkan cahaya dan bermata besar sehingga tampak sangat seram. Beratnya pun minimal mencapai 30 kilogram dan rata-rata makhluk tersebut diambil dari kedalaman 300-2000 meter.
Jadi, bukan sesuatu yang tidak mungkin di kedalaman laut sana masih tersimpan jutaan misteri yang menunggu untuk terkuak. Bisa saja monster laut yang dilihat oleh pelaut zaman dulu adalah hewan-hewan purba yang masih bertahan hidup di kegelapan laut, atau seekor paus raksasa, atau seekor Giant Octopus (gurita raksasa) yang belum teridentifikasi oleh ilmu kelautan pada saai itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar